PT. Taman Delta Indonesia | Coffee bean manufacturer & exporter

Bonavita 8 Cups Brewer

Published In: Blog Created Date: 2015-04-06 Hits: 712

Kalau tamunya satu atau dua orang, office boy di kantor saya masih bisa menyuguhkan kopi dengan alat seperti french press atau penyaring kopi lainnya. Bila lebih dari 5 orang ? Pembuat kopi seperti Bonavita ini tentunya akan sangat membantu mempersingkat waktu.


Saat ini ada enam mesin pembuat kopi yang sudah disertifikasi oleh Asosiasi Kopi Spesial Amerika  atau SCAA, salah satunya Technivorm Moccamaster yang pernah diulas beberapa waktu lalu dan kini saya diberi kesempatan untuk mencoba Bonavita 8 Cup Brewers.

Bukan hanya memproduksi alat pembuat kopi otomatis, Bonavita juga mengeluarkan teko listrik yang sangat bagus (Bonavita Bouilloire) dan timbangan digital.  Pembuat kopi ini dijual dengan harga 2.8 jutaan, jauh lebih tinggi dibanding dengan piranti yang sama yang biasa kita temui di pasar swalayan elektronik. Pertanyaan utamanya adalah apakah harga tersebut memberikan justifikasi kepada performanya.

Catatan lain, Bonavita menggolongkan alat ini bukan untuk keperluan komersial, tapi sebatas sebuah alat rumah tangga atau bisa juga kantor sebagaimana yang sudah saya gunakan.

Desain & Spesifikasi
Secara keseluruhan Bonavita 8 Cups Brewer tak jauh berbeda dengan alat pembuat kopi lainnya. Ada tangki air berwana kebiruan yang bekapasitas 8 cangkir (1.3 liter) dengan indikator garis dan angka berwarna putih. Sebuah filter bertipe flat bottom yang terbuat dari plastik berwarna hitam, termos atau thermal carafe yang dilengkapi dengan penutup untuk menjaga panas.


Kualitas bahan stainless dan plastik kesemuanya terlihat dengan presisi yang sangat baik pada saat dibongkar pasang. Tapi lupakan alat ini bila ketersediaan listrik di rumah Anda sebatas 2.200 watt karena Bonavita akan memakan daya 1.500 watt pada saat dioperasikan. Untuk itulah, saya hanya menggunakannya di kantor pada saat melakukan pelatihan atau menerima tamu dalam jumlah cukup banyak.
Menggunakan Bonavita

Rasanya tak perlu membaca buku manual untuk bisa mengoperasikan alat ini. Hanya isi air dengan kapasitas maksimal, giling kopi sesuai dengan rasio yang diinginkan 1/15, 1/11  atau berapapun sesuai dengan selera Anda. Masukan ke dalam basket yang sebelumnya sudah terpasang filter kertas.

Setelah semua selesai, tekan tombol “on” dan pemanas Bonavita langsung mulai bekerja dengan waktu kurang satu menit air sudah mengalir dari shower screen yang terdiri dari 7 lubang yang berbentuk “+”. Bonavita menggunakan sistem “pulse” hingga air tak terus menerus mengalir, tapi dalam ritme waktu tertentu.

Saya menghitung 2 detik air mengalir lalu 2 detik berikutnya berhenti untuk memberikan kesempatan saturasi yang lebih merata, demikian seterusnya hingga semua proses selesai dalam waktu kurang dari 5 menit. Terlihat tak ada bagian kopi yang kering karena shower screen menjalankan fungsinya dengan baik.


Hanya terjadi sedikit kondensasi atau pengembunan pada bagian dalam shower screen dikarenakan modifikasi yang dilakukan oleh Bonavita dengan memberikan banyak ruang ventilasi antara bagian shower screen dengan filter basket.

Berapa suhu konstan air ? Saya tak melakukan pengetesan temperatur air, tapi untuk lulus uji kelayakan dari SCAA, mereka mensyaratkan suhu yang dibatasi pada angka 92 hingga maksimal 96 derajat Celsius.
Untuk siapa Bonavita 8 Cups Brewer

Sebelumnya, ada beberapa hal yang saya berikan nilai positif untuk alat ini. Pertama, saturasi yang begitu merata disemua sisi permukaan kopi pada filter basket tanpa ada satu bagianpun yang tidak terekspos oleh percikan air dari shower screen. Kedua, tentu saja alasan kepraktisan sebuah pembuat kopi otomatis dengan kapasitas yang cukup besar. Kedua, tak perlu waktu lama, karena hanya sekitar 5 menit sebanyak 8 cangkir kopi pun sudah siap tersaji.

Ketiga, termos yang selain ergonomis, tentu cukuplah untuk mempertahankan suhu kopi selama kurun waktu maksimal 2 jam, sehingga alat ini tak perlu lempengan besi penghangat di bagian bawahnya. Berbeda dengan  server yang terbuat dari gelas yang dilengkapi dengan pemanas, sehingga akan mengubah rasa kopi menjadi tidak sedap setelah beberapa lama akibat panas yang terus menerus.

Keempat, sertifikasi SCAA yang punya standard ketat sebelum meluluskan sebuah produk yang mereka rekomendasikan sebagai alat seduh kopi.

Selain atribut positif, buat saya dan mungkin banyak orang adalah banderol harga yang relatif lebih tinggi dengan alat sejenis yang banyak ditemukan di pasaran, namun tentu saja tak bisa digeneralisasikan dengan Bonavita 8 Cups Brewer.

Bonavita akan sangat bermanfaat bagi kantor yang banyak menerima tamu atau seringkali melakukan pelatihan kelompok seperti tempat saya bekerja. Tanpa perlu keterampilan khusus, alat ini mudah dioperasikan siapa saja dan bisa menyelesaikan tugasnya hanya dalam hitungan menit karena daya listriknya yang besar. Maka untuk keperluan itulah saya merekomendasikan Bonavita 8 Cups Brewer.

Bisa saja Anda gunakan di rumah, tapi untuk keperluan sendiri rasanya Bonavita terlalu besar kapasitasnya kecuali Anda tak berkeberatan untuk masalah itu.

Tentu keputusan tentu saya serahkan kepada Anda, tapi Bonavita 8 Cups Brewer semakin memperbanyak pilihan produk atau alat kopi unggulan di Indonesia.

Keterangan lebih lanjut bisa Anda dapatkan di Otten Coffee yang menjual alat ini.

Tags:

Same In Category

Related Blogs By Tags